Sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, bahwa pada hari in Senin, 23 Juni 2014 bertempat di Pendopo Balai Desa Kaliori Kecamatan Kalibagor, dilaksanakan Pembukaan Pelatihan Membatik Program Peningkatan Kualitas Hidup (PKH) PNPM-MPd Tahun 2014 Desa Kaliori Kecamatan Kalibagor. Acara ini di hadiri oleh Kepala Desa Kaliori, Kepala UPK PNPM MPd Kecamatan Kalibagor, Tim Pengajar dari SKB Kalibagor, TPK dan Pelaku PNPM-MPd Desa Kaliori serta semua peserta pelatihan membatik yang berjumlah 20 orang.

Acara Pembukaan dimulai pada pukul 09.00 wib dengan acara laporan dari Ketua TPK PNPM-MPd Desa Kaliori Kecamatan Kalibagor. Dalam laporannya Ketua TPK menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan Membatik ini dilaksanakan untuk memenuhi Program PKH yang sudah diusulkan oleh Desa Kaliori dan telah disetujui oleh UPK PNPM MPd Kecamatan Kalibagor, Selain itu Ketua TPK juga menyampaikan bahwa tujuan pelatihan membatik adalah untuk meningkatkan kualitas peserta pelatihan melalui kegiatan membatik, menerapkan pembelajaran melalui peltihan ketrampilan yang efektif, mengembangkan bakat, minat, dan potensi masyarakat Desa Kaliori melalui kegiatan membatik, dan mendorong masyarakat Desa Kaliori menuju masyarakat mandiri dan berwirausaha. Kegiatan Pelatihan Membatik ini dilaksanakan setiap hari Senin – Kamis, dimulai pada 23 Juni 2013 dan berakhir pada tanggal 24 Juli 2014, dimulai pada pukul 09.00 – 13.00 wib, bertempat di Pendopo Balai Desa Kaliori. Jumlah Peserta pelatihan membatik adalah 20 orang, dengan Tenaga Pelatih (Tutor) adalah dari Sanggar Kegiata Belajar (SKB) Kalibagor. Anggaran Pelatihan Membatik ini berjumlah Rp 16.377.500,- yang berasal dari PKH PNPM-MPd Tahun 2014 sejumlah Rp 15.377.500,- dan swadaya peserta pelatihan sejumlah Rp 1.000.000,-. Harapan pasca pelatihan membatik ini antara lain adalah terbentuknya kelompok-kelompok kegiatan membatik yang tersebar di wilayah Desa Kaliori, meningkatkan perekonomian masyarakat dengan usaha membatik, dan menjadikan Desa Kaliori menjadi Sentra Batik di Kecamatan Kalibagor.

Dalam acara pembukaan pelatihan membatik ini juga menyampaikan sambutan Kepala Desa Kaliori dan UPK PNPM-MPd Kecamatan Kalibagor. Dalam sambutannya Kepala Desa Kaliori menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah membantu terselenggaranya kegiatan pelatihan membatik ini. Dari UPK PNPM-MPd Kecamatan Kalibagor menyampaikan sambutannya yang berisi tentang harapan atas terselenggranya kegiatan pelatihan membatik ini. Diharapkan juga semoga Desa Kaliori dapat menciptakan Sentra Membatik di Kecamatan Kalibagor.

Bagikan Berita